10 Tata Cara Mengirim CV Lewat Email Yang Baik dan Benar

Coba pelajari! ada beberapa tata cara dalam mengirim CV atau surat lamaran kerja lewat email yang baik dan benar. Tata krama untuk berkirim email seharusnya teman-teman ketahui agar sifat santun tercermin pada saat menulis di body email atau pada CV.

Upaya-upaya seperti itu yang bisa kamu lakukan agar bisa cepat diterima kerja. Jaman dulu sebelum teknologi berkembang kayak sekarang. Banyak yang beranggapan kalau tulisan tangan yang bagus pada saat menulis surat lamaran kerja dan CV memberikan nilai tambah.

Nah, kalau sekarang bagaimana apakah anggapan seperti itu masih berlaku di era digital? Tips-tips berikut semoga saja bisa menginspirasi teman pembaca blog CBBDA dalam memulai karir. Yuk kita bahas di sepuluh poin berikut setelah itu ikuti contohnya.

10 Tata Cara Mengirim CV Lewat Email Yang Baik dan Benar 

Berikut adalah tata cara untuk mengirim CV yang baik dan benar melalui email untuk melamar pekerjaan di perusahaan, pabrik atau instansi pemerintah.
  1. Meninggalkan anggapan lama merubah ke file digital
  2. Tulis lamaran dengan aplikasi hp / laptop atau download lalu edit link di bawah
  3. Memahami tata krama mengirim email yang benar dan sopan
  4. Menyiapkan dokumen pendukung lamaran sebelum mengirim
  5. Segera memperbarui SKCK jika sudah kadaluarsa
  6. Mengutamakan Foto Copy ijazah yang dilegalisir
  7. Cek kebenaran alamat email perusahaan sebelum mengirim
  8. Scan seluruh data dan simpan dalam satu folder
  9. Merubah attachment atau lampiran email ke format PDF
  10. Mulai mengirim cv dan surat lamaran kerja via email

Download gratis contoh CV dan Lamaran Kerja S1 link
Download contoh CV dan Lamaran Kerja SMK link
NB: jika ingin mengedit dengan aplikasi Google Dokumen kalian bisa menuju tutorial cara buat CV kirim via email di hp

Contoh Cara Mengirim CV Lamaran lewat Email di hp

Yang inilah mungkin langkah-langkah yang kamu tunggu. Saya akan memberikan contoh mengirim cv serta surat lamaran kerja melalui hp Android dengan email Gmail.
  1. Pastikan kamu sudah memindahkan semua file untuk melamar ke dalam galeri hp atau menyimpannya di memori external
  2. Kemudian masuklah pada aplikasi Gmail di Android, tekan ikon Gmail
    cara mengirim cv lewat email yang baik dan benar
  3. Tekan "ikon Pensil" setelah itu ketikkan alamat email tujuan dibagian "Kepada" yang telah kamu dapatkan informasinya entah dari situs lowongan kerja online atau info dari teman
    cara mengirim cv lewat email yang baik dan benar
  4. Kemudian isikan judul email dibagian "Subyek" seperti yang dapat dilihat di contoh gambar. Lalu pada bagian "Tulis email" ketikkan sesuai dengan tata krama kirim email sesuai dengan fromat surat resmi.
    contoh body email lamaran kerja di hp
  5. Selanjutnya kalian pelu menekan ikon kayak lingkaran hijau > Lampirkan File
    contoh mengirim cv lewat email yang baik dan benar
  6. Jika sudah muncul seperti gambar berikut, maka silahkan scroll ke bawah dan mengarakan ke File Manager atau Galeri
    langkah langkah mengirim cv lewat email yang menarik
  7. Lalu pilihlah lokasi dimana kamu menyimpan filenya, karena saya membuat lamaran di laptop kemudian saya kirim melalui ShareIt, langkah-langkahnya seperti berikut
    cara mengirim cv lewat email yang baik dan benar
  8. Jika semua lampiran sudah masuk, seperti: file PDF daftar riwayat hidup atau CV, PDF surat lamaran, scan foto copy KTP, scan foto copy SKCK, dan dokumen lainnya
    cara mengirim cv lewat email yang baik dan benar
  9. Coba cek kembali mulai dari alamt email tujuan, judul email, subyek, dan juga lampiran emailnya. Jika sudah lengkap maka waktunya untuk mengirim
    tata cara kirim surat lamaran lewat email di hp android yang benar
  10. Done

Cara Mengirim Lamaran lewat Email di Komputer PC atau laptop

Berikut ini adalah langkah-langkah mengirim cv melalui email dari versi dekstop yang tetap menggunakan akun Gmail. Bagi teman-teman pengguna komputer ini sebagai penuntun yang benar dalam proses kirim surat lamaran kerja agar bisa memikat HRD personalia.

  1. Langkah pertama pastikan kalian mempunyai alamat email dengan nama yang profesional. Sebaiknya jangan menggunakan nama yang terilhat tidak formal lihat contoh alamat email 
  2. Kemudian kalau sudah punya email silahkan masuk email Gmail melalui halaman login Gmail klik disini
  3. Silahkan masukkan username (nama pengguna) dan kata sandi dilangkah selanjutnya
    cara mengirim cv lewat email yang baik dan benar di komputer
  4. Setelah berhasil masuk Gmail di pc maka silahkan klik menu "Tulis"
    cara mengirim cv lamaran kerja lewat email di laptop
  5. Dengan begitu akan muncul pop-up window di bagian bawah layar komputer. Perhatikan pada bagian kolom "Kepada" disitulah untuk mengetikkan alamat email tujuannya. Subyek adalah judul email yang akan kita kirim
    langkah mengirim cv via email gmail di laptop yang baik dan benar
  6. Lajutkan dengan menulis seperti Subyek dan Body email atau isi email. Jika bingung maka silahkan melihat contoh body email lamaran kerja di gambar ini
    contoh body email lamaran kerja
  7. Langkah berikutnya yaitu memasukkan semua file dengan klik ikon seperti yang saya beri tanda panah
  8. Bila muncul pemberitahuan seperti ini maka langsung close aja dengan klik (X)
    panduan mengirim cv lewat email baik dan benar
  9. Ambil semua dokumen syarat melamar pekerjaan yang umum
    contoh cara mengirim cv lewat email di pc
  10. Terakhir waktunya untuk mengecek kembali apakah semua lampiran sudah masuk. Kalau sudah klik "Kirim"
    cara menulis cv lewat email yang baik dan benar di pc

FAQ

Mengapa Penting Menulis Judul atau Subyek Email pada Lamaran?

Hal tersebut alasannya adalah dapat mempermudah si penerima email. Banyangkan jika banyak email masuk dari pelamar kerja lainnya. Tidak cukup dengan judul standar, tapi lebih baik sertakan dengan namamu.

Bisa mempermudah HRD. Agar saat departement personalia mendownload semua dokumen-mu maka secara otomatis file ZIP-nya berisi nama kamu. Atau sesuai dengan judul yang ditulis oleh pengirim email.

Memberi nomor pada file lampiran, juga dapat diterapkan. Fungsinya apa? memudahkan pihak HRD dalam melihat urutan lampiran yang kita kirim. Dengan penamaan file yang baik dan tertata rapi maka semua data berututan sesuai dengan nomor.

Kenapa Kita Harus Isi Body Email Lamaran kerja?

Alasanya adalah agar email kita dianggap tidak asal kirim. Harapannya dengan mengisi body email maka dapat mencuri perhatian pihak penerima kerja. Sehingga kamu sebagai pelamaran bisa dipanggil untuk melakukan serangkaian tes dan interview.

Bagaimana untuk Mengirim email Lamaran ke banyak perusahaan?

Caranya ialah dengan menanfaatkan fitur CC di email Gmail atau Yahoo jika menggunakan Yahoo mail. Karena fitur CC pada email berguna untuk mengirim email secara banyak dengan Judul, Isi email dan Lampiran email yang sama.

Tapi kelemahan fitur CC adalah si penerima pertama akan tahu kalau email tersebut telah dikirimkan ke perusahaan-perusahaan lain. Jika ini tidak masalah dengan anggapanmu maka lakukan saja. Karena fitur tersebut bisa menghemat waktu.

Asalkan cara menulis surat lamaran-nya kamu buat general. Artinya tidak menjelaskan dari mana kamu dapat info lowongan kerja, bagian yang diminta dan data-data spesifik lainnya. Jangan lupa berdoa! semoga artikel ini membantu dan segera diterima bekerja. Aamiin

Belum ada Komentar untuk "10 Tata Cara Mengirim CV Lewat Email Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel