5 Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Indonesia PC & HP

Berikut ini adalah contoh body email lamaran kerja yang bisa kamu tiru agar memenuhi tata cara mengirim email yang baik dan benar. Sopan santun dan profesional dapat dilihat bagaimana seseorang dalam penulisan email terutama untuk melamar pekerjaan.

Apalagi untuk menghadapi ahli psikologis yaitu HRD personalia dari perusahaan penerima kerja. Kamu sebagai calon pelamar tentunya harus pandai mencuri atau menarik perhatian pihak HRD dong. Karena email lamaran kerja yang masuk bisa saja ratusan sampai ribuan.

Sebelum mengirim lamaran kerja lewat email, beberapa poin penting di dalam bagian-bagian email berikut yang harus diperhatikan:

Kepada atau alamat Email tujuan

Hal pertama yang harus diketahui saat ingin melamar kerja via email adalah alamat email tujuannya. Agar tidak salah kirim teman-teman seharusnya memperhatikan alamat email perusahaan yang benar, yang didapatkan dari informasi lowongan kerja online maupun offline (misal di koran).

Subyek atau Judul email

Subyek email adalah judul email yang ditulis untuk memperjelas secara singkat maksud dan tujuan dari isi email. Selain body email sendiri judul atau subyek email harus diperhatikan baik-baik. Karena jika penulisan subyek email kurang jelas maka peluang untuk dilihat pihak penerima kerja / HRD cukup kecil.

Body email

Body email adalah badan email atau isi email yang memberikan penjelasan keperluan apa pada lampirannya. Untuk bagian body email lamaran kerja sebaiknya menjelaskan maksud dari email tersebut secara jelas.

Contohnya jika kamu mau mengirim email ke perusahaan BUMN atau swasta, pastikan menulis body email dengan tata krama bahasa yang baik.

Boleh juga menjelaskan data diri dan dokumen lampiran-lampirannya secara singkat (tidak bertele-tele). Sebaiknya hindari penulisan body email lamaran kerja yang berbelit-belit. Singkat jelas dan padat lebih disarankan.

Lampiran email

Lampiran email adalah tempat dimana file scan foto dan PDF dokumen seperti surat lamaran kerja, CV, transkrip nilai, sertifikat dll. Seharusnya disinilah semua datamu ajukan sebagai bahan pertimbangan.

Kenapa kita perlu file PDF dalam mengirim lamaran kerja melalui email. Karena file PDF tidak banyak memakan kapasitas dari lampiran email yang tersedia. Sebab ukuran lampiran email dari Gmail dan Yahoo dengan batas maksimal 25 mb saja. Kalian bisa melihat caranya membuat PDF di WPS

Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Indonesia versi HP

Inilah contoh body email yang dapat kalian pakai untuk mengirim lamaran kerja lewat email. Sebenarnya caranya cukup mudah dan ini dapat diterapkan untuk melamar pekerjaan secara online.

  • Inilah contoh pertama body email lamaran kerja dengan memilih bagian sekretaris. Perhatikan pemberian judul atu subyek email dengan nama dan bagian yang dipilih (sekretaris)
    contoh body email lamaran kerja di android
  • Kedua contoh body email lamaran kerja dengan uraian dokumen lampiran yang jelas. Sehingga bisa mempermudah HRD personalia, lampiran apa saja yang kamu kirim.
    contoh body email lamaran kerja di hp android
  • Contoh ketiga body email lamaran pekerjaan dengan pengalaman. Seandainya kamu mempunyai pengalaman kerja sebaiknya mencantukam dalam isi email.
    contoh body email lamaran kerja lewat hp

Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Indonesia versi PC

Jika sudah paham contoh body email dari versi smartphone maka sekarang tak ada salahnya kalian melihat caranya mengisi body email di pc atau laptop.
  • Lihat contoh pertama bagaimana cara mengisi badan email lamaran kerja yang baik dan benar jika pengiriman email melalui Gmail versi pc.
    contoh badan email melamar pekerjaan di laptop
    Contoh body email lulusan terbaru (fresh graduate)
  • Contoh kedua untuk cara mengisi body email Gmail di pc, perhatikan untuk cetak tebal pada teks atau memunculkan format bolt. Gunakan bolt untuk poin penting saja seperti nama, no telepon dan nama PT atau perusahaan.
    contoh isi body email lamaran kerja di gmail pc
    Contoh body email dengan data diri cetak tebal
Nah, seperti itulah tata cara dalam mengirim email formal dan lebih terlihat profesional yang dapat menarik perhatikan HRD. Jangan asal-asalan dalam mengisi body email, leih baik terangkan secara jelas dan gamblang. Agar si penerima email tidak bingung sehingga peluang diterima kerja cukup besar.

Mungkin kalian minat: contoh text body email lamaran kerja bahasa Inggris

Meskipun kalian masih pemula saya rasa lebih mencerminkan karakter yang profesional, jika mengikuti panduan tentang tata cara untuk mengirim email melamar kerja di blog CBBDA. Terima kasih semoga terbantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel