3 Cara Upload File ke Google Drive Lewat Hp Android & Laptop

Googl Drive adalah salah satu tempat untuk menyimpan suatu file ke internet secara online, sehingga tidak memakan ruang memori pada perangkat dan setiap akun yang telah melakukan upload file ke Google Drive akan selalu dijaga keamanannya selagi email dan kata sandinya tidak bocor ke tangan orang lain.

Pada kesempatan kali ini saya akan membatu kamu untuk melakukan cara mengguankan Google Drive di komputer (browser) dan melalui hp (browser dan aplikasi) lengkap dengan gambar screenshot pada setiap langkah caranya.

menyimpan file di Google Drive

Pada waktu saya membuat artikel ini Google Drive telah melakukan pembaruan hingga timbul banyak pertanyaan seputar berikut ini.
  • Apakah ada fitur baru di Google Drive?
  • Apakah cara upload file di Google Drive sama seperti sebelum pembaruan?
  • Bagaimana cara menggunakan Google Drive yang terbaru?
Tentu saja saya langsung mencari tau kebenarannya dengan update aplikasi Google Drive diperangkat, setelah mengoreksi semuanya saya telah menemukan semua jawaban tersebut, supaya tidak penasaran tentang Google Drive yang terbaru baca artikel ini sampai habis.

Apa saja fitur terbaru Google Drive?

Setelah aplikasi Google Drive sudah selesai diperbarui saya memeriksa dengan sekilas, memang dari segi tampilan tidak berbeda jauh jika dibandingkan dengan yang lama, jika dulunya hanya menampilkan file dan folder saja tapi untuk kali ini ditamabah dengan fitur akses cepat.

Fitur akses cepat adalah tempat data yang berada di layar paling atas dimana kita bisa membuka file tersebut tanpa harus mencari di dalam folder, fitur ini biasanya menampilkan data yang sering kamu gunakan, terakhir kamu gunakan dan yang kamu upload paling akhir, sayangnya layanan ini hanya mempu menampilkan lima file yang masuk katagori di atas tadi.

Google Drive memiliki kapasitas penyimpanan hingga sebesar 1 TB jika ditambah dengan membayar harga yang telah ditentukan sedangkan kapasitas gratis yang bisa kita gunakan adalah sebesar 15 GB, dan yang menjadi bedanya antara Google Drive yang sekarang dengan yang dulu adalah...

Kalau dulu kita tidak tahu berapa persen memori yang telah digunakan lain dengan sekarang yang telah dilengkapi dengan tampilan para meter agar tahu sudah berapa GB yang tilah kita gunakan.

Selain para meter memori fitur terbaru Google Drive selanjutnya adalah "Tambah ke layar utama" yaitu sebuah layanan yang mempu memindah file dari Google Drive ke layar utama pada hp dengan demikian kita hanya perlu menggunakan satu ketukan untuk menuju data tersebut.

3 Cara Menggunakan Google Drive

Selesai sudah jawaban dari pertanyaan fitur terbaru Google Drive, selanjutnya saya akan menjawab pernyaan yang kedua seputar Google Drive yaitu.

Apakah cara upload data via Google Drive sama seperti sebelum pembaruan?

Jika kamu sebelumnya belum pernah melakukan cara menyimpan file via Google Drive saya akan menjelaskan sambil melakukan langkah-langkahnya, akan tetapi sebelumnya cek kembali jaringan internet kamu karena Google Drive hanya bisa digunakan dalam kondisi online saja.

Yang saya tahu cara upload Google Drive bisa kita lakukan dengan tiga cara yaitu melalui aplikasi, atau browser lewat hp dan menggunakan komputer, nah berikut saya akan melakukan ketiga langkah tersebut untuk menambah wawasan sobat semua yang belum pernah memakai Google Drive sebelumnya.

A. Cara Upload Data ke Google Drive Lewat Aplikasi

Yang pertama adalah menggunakan aplikasi Google Drive lewat hp, cara ini banyak digunakan oleh sebagian besar orang dengan alasan lebih gampang untuk masuk, berbeda dengan menggunakan browser yang harus menulis di kolom pencarian terlebih dahulu.

1. Yang pertama adalah buka palikasi Google Drive lewat SmartPhone kamu, jika kamu masih belum mempunyai aplikasi bisa lengsung mengunjungi Play Store untuk melakukan download atau menggunakan browser dan ikuti cara menyimpan data via Google Drive di bagian bawah.
menyimpan file di Google Drive
2. Jika kamu belum menggunakan Google Drive seharusnya masih kosong tidak seperti screenshot. Tekan tanda "+" pada pojok kana bawah layar dan lanjutkan dengan memilih layanan yang telah disiapkan oleh lampiran di bawah, kalau saya boleh usul lebih baik kita membuat folder dulu agar nanti jika data sudah banyak tidak ribet mencari file.

Catatan: bila Google Drive sudah terisi padahal kamu baru kali ini membuka aplikasi biasanya sistem hp kamu telah melakukan menyimpan secara otomatis dan file tersebut diambil  dari layanan Google lainnya sepeti dari Google Foto, Google Dokumen dll pada hp kamu. Jangan khuatir kamu bisa mematikan penyimpan secara otomatis di menu pengaturan.
menyimpan file di Google Drive
3. Namai folder tersebut sesuai dengan data yang akan kamu simpan jika sudah tekan "ok" lanjutkan langkah menyimpan file di Google Drive dengan membuka folder yang telah barusan dibuat untuk mengisi data.
menyimpan file di Google Drive
4. Setelah masuk kedalam folder cara selanjutnya sama dengan sebelumnya yaitu menekan tanda "+" dan klik "Upload" kamu juga bisa tambahkan folder lagi jika perlu.
menyimpan data di Google Drive
5. Pilih file yang akan di upload lalu tunggu hingga proses upload selesai, sebagai contohnya saya akan menyimpan foto bunga yang diambil dari didepan rumah teman saya.

Catatan: Bedanya dengan yang dulu adalah kalau Google Drive saat ini langsung menuju folder kamera jadi dengan demikian kita hanya perlu pindah folder dan mencari data yang ingin disimpan, sedangkan dulu harus membuka folder dari data yang akan kita upload atau memilih jenis filenya dahulu, bisa dikatakan lebih simpel setelah pembaruan.
menyimpan data di Google Drive
6. Kita sudah melakukan upload file via Google Drive Android dengan demikian bila foto tersebut hilang pada memori perangkat saya maka sudah tidak akan menjadi masalah lagi karen saya sudah menyimpan data di Google Drive.
menyimpan data di Google Drive
7. Jika kamu ingin membagikan file yang telah kamu upload dengan Google Drive kepada orang lain maka ikuti cara dibawah ini, yaitu dengan menekan foto yang akan dibagikan lalu klik tiga titik pada pojok layar dan tab layanan "Tambahkan Orang"
menyimpan data di Google Drive
8. Selanjutnya masukan alamat email orang yang ingin kamu bagikan file dan kirim deh, jika icon kamu sudah sama seperti screenshot saya maka cara membagikan file telah berhasil dilakukan, jadi kamu enggak usah repot kesana kemari hanya untuk membagikan data pada bos atau rekan kerja.
upload file di Google Drive Android

Ingat yah pastikan kamu mempunyai jaringan internet yang cukup setabil jika ingin upload file via Google Drive Android menggunakan aplikasi.

B. Cara Upload Data di Google Drive Lewat Browser Hp

Selain menggunakan Google Drive dengan aplikasi kita juga bisa membuka situs penyimpan data online ini melalui browser, dengan demikian bisa membantu kalian yang ingin memakai Google Drive jika terkendala dengan masalah penginstalan atau keterbatasan ruang untuk menyimpan aplikasinya.

1. Masuk browser yang di hp kamu kemudian ketik teks Google Drive pada kolom pencarian, jika sudah muncul tampilan seperti gambar screenshot pilih " My Google Drive" atau bisa langsung klik disini
upload file di Google Drive Android
2. Penampilanya sama persis dengan menggunakan aplikasi hanya saja cara membukanya yang berbeda. Ketika sudah masuk tekan lingkaran biru yang ada di pojok bawah, disaat itu juga kamu akan mendapatkan enam layanan, saya akan memilih fitur "Folder"

Catatan: Saya menggunakan akun yang sama saat melakukan langkah cara upload file via Google Drive Android lewat aplikasi tadi, jadi semua folder dan data yang kita buat diatas tadi akan muncul sama persis di sini.
upload file di Google Drive Android 
3. Namai folder berdasarkan tema file yang akan kamu upload lewat Google Drive, jika sudah masuk folder dan klik gambar icon yang sama seperti langkah tadi.
upload file di Google Drive Android
4. Pilih fitur yang kamu butuhkan, karena satu folder cukup untuk saya jadikan contoh jadi saya akan menekan "Upload" kemudian pilih file yang akan disimpan dengan Google Drive.
upload file di Google Drive Android
5. Tunggu proses upload selesai, cepat tidak lambatnya proses menyimpan tergantung besar kecilnya file dan kekuatan jaringan sinyal.
upload file di Google Drive Android
6. Salah satu hebatnya Google Drive iyalah mampu membagikan data ke akun orang lain seperti bos atau rekan kerja kamu dengan cara pilih file yang akan kamu bagikan, klik tiga titik pada pojok atas, setelah itu tab "Tambahkan orang"
upload file di Google Drive Android
7. Tambahkan orang tersebut untuk dapat melihat data kamu pada Google Drive dengan cara mengisi kolom tersebut dengan alamat emailnya, jika logo ikon profil dibawah sudah berubah maka artinya proses pembagian file barhasil dilakukan.
upload file di Google Drive Android

Mengoprasikan Google Drive melalui browser sangat cocok dilakukan ketika laptop atau hp ketinggalan dirumah saat kita sudah dikantor, data yang sudah tersimpan bisa dibuka dengan perangkat lain jika masuk dengan akun yang sama atau membagikan ke akun yang lain.

C. Cara Menyimpan Data di Google Drive Lewat Laptop / PC

Dan yang terahir adalah cara mengguankan Google Drive di komputer, untuk semua fitur tidak berbeda dengan menggunakan hp hanya saja tempat layanan yang berbeda maka dari itu orang awam yang biasanya menyimpan menggunakan Google Drive lewat hp agak bingung bila menggunakan computer.

1. Tulis teks Google Drive dikolom pencarian menggunakan dekstop kamu kemu dian klik "My Drive" atau klik disini
cara menggunakan Google Drive di laptop
2. Akun Google Drive yang saya buka menggunakan komputer adalah akun yang ada di SmartPhone jadi folder dan isi file sama persis, untuk menghemat waktu langsung klik "Baru" pada sebelah kiri layar.
cara menggunakan Google Drive di laptop
3. Fitur yang disediakan tidak berbeda dengan yang di hp yaitu folder, upload file, upload folder, dan layanan Google yang telah tercantum dengan akun yang saya gunakan, sebelum menyimpan data melalui Google Drive saya akan membuat folder terlebih dahulu agar tidak repot jika data sudah penuh.
cara menggunakan Google Drive di laptop
4. Namai folder sesuai dengan topik isi data yang akan disimpan jika sudah tab "Ok".
cara menggunakan Google Drive di laptop
5. Folder sudah selesai kita buat, sekarang klik foder tersebut untuk bisa upload data kamu dengan Google Drive.
6. Seperti langkah sebelumnya yaitu dengan klik "Baru" kamu bisa langsung upload file seperti contoh yang saya berikan atau menambahkan folder kembali jika perlu.
cara mengguankan Google Drive di komputer
7. Pilih data yang akan disimpan seperti contohnya saya akan mencari foto bunga seperti sebelumnya untuk disimpan.
cara mengguankan Google Drive di komputer
8. Tunggu proses upload hingga selesai dengan melihat gambar pada pojok bawah kanan layar, biasanya kalau menggunakan komputer prosesnya akan lebih lama bila dibandingkan dengan menyimpan lewat hp.
cara mengguankan Google Drive di komputer
9. Jika sudah selesai maka foto akan keluar pada layar komputer, kalau file bersifat data yang harus dibagikan dengan orang lain tab logo yang saya tandai pada gambar.
cara mengguankan Google Drive di komputer
10. Isi kolom dengan alamat email, lalu klik "Kirim" kalau email yang kamu tulis pada kolom salah akan ada pemberitahuan, kamu juga bisa menekan tanda "x" untuk menghapus email bila salah kirim ke alamat orang lain.
cara mengguankan Google Drive di komputer

Kalau saya pribadi sih mending menyimpan data Google Drive menggua komputer karena layar lebih lebar dari pada menggunakan hp, hanya saja kalau menggunakan komputer proses upload lebih lama dan cara menggunakannya sangat rumit.

Dengan pengalam yang sudah saya buat menjadi artikel tentu saja bisa dengan mudah menjawab pertannyaan tadi, kalau sobat sudah membaca semua isi dari artikel ini pasti sobat juga sudah tau tentang jawaban ini bukan?
  • Apakah ada fitur baru di Google Drive?
  • Apakah cara upload file di Google Drive sama seperti sebelum pembaruan?
  • Bagaimana cara menggunakan Google Drive yang terbaru?
Semoga tutorial upload file menggunakan Google Drive Android dan komputer yang tulis bermanfaat bagi pembaca semua sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel