Cara Registrasi Ulang Kartu Lewat SMS / Daftar Online - All Operator

Akhir-akhir ini kita di hebohkan cara registrasi ulang kartu itu bagaimana? Dengan adanya berita di tv dan media online tentang keputusan pemerintah untuk memberlakukan semua provider operator seluler Indonesia agar para pelanggannya segera daftar ulang kartu SIM dengan validasi NIK KTP & no KK.

Kenyataannya banyak yang masih panik harus segera registrasi ulang kartu nomor hp yang digunakan. Sekarang, seharusnya kita tidak menelan mentah-mentah berita HOAX tentang tanggal batasan daftar ulang SIMcard tersebut 31 Okt 2017. Yang benar, sesuai dengan peraturan Kominfo mengenai registrasi ulang yang dimulai tgl 31 Oktober 2017 sampai dengan 28 Februari 2018.

Sudah jelas dari situ kita diwajibkan registrasi ulang dengan NIK KTP dan Nomor Kartu Keluarga. Nah, bagi teman-teman yang punya no hp lama format registrasi kartu lewat SMS berbeda dengan kartu perdana baru ada caranya di tabel. Selain bisa registrasi via SMS pelanggan juga mendaftar ulang secara online melalui website.

Yang baru menyediakan cara registrasi kartu hp via online ini diantaranya: Telkomsel, XL, Tri, Smartfren. Namun untuk Indosat masih melayanai registrasi melalui SMS. Selain itu kamu juga bisa mendatangi Gerai Indosat, Grapari Telkomsel atau gerai-gerai opsel lainnya di kotamu dengan membawa KTP dan KK.

Cara Registrasi Ulang Kartu Lewat SMS 

Catatan: Sebelum melakukan daftar ulang no hp sebaiknya coba mengecek dulu NIK e-KTP atau KTP lama yang akan dipake registrasi, agar tidak gagal registrasi kartu pastikan kalau NIK KTP tersebut sudah sama seperti yang tertulis di kartu keluarga. Kalau memang tidak sama kamu bisa membuat surat pernyataan.
contoh nomor kk & nik e-ktp untuk registrasi ulang
Contoh Nomor KK dan NIK e-KTP


Operator Format SMS Kartu Lama Format SMS Kartu Baru
T-SEL Simpati & AS ULANG#(NIK KTP)#(nomor KK) REG#(NIK KTP)#(nomor KK)
Kartu XL ULANG#(NIK KTP)#(nomor KK) DAFTAR#(NIK)#(nomor KK)
Tri ULANG#(NIK KTP)#(nomor KK) (NIK KTP)#(nomor KK)
Indosat Ooredoo ULANG#(NIK KTP)#(nomor KK) (NIK KTP)#(nomor KK)
Smartfren ULANG#(NIK KTP)#(nomor KK) (NIK KTP)#(nomor KK)

* Kirim ke 4444
Lihat contoh penulisan SMS, sebagai cara registrasi ulang kartu Simpati ke 4444 untuk pelanggan lama (nomor lama), ketik: ULANG#1234567891122233#5464748494140424  kemudian kirim ke 4444. Lalu jika kamu membeli perdana baru tinggal mengganti ULANG menjadi REG agar tidak gagal.

Selain itu kamu bisa mencoba ikuti format SMS dari Kominfo dengan menyertakan nama ibu kandung seperti gambar berikut, jika nomor baru:
reg ulang kartu sim format dari kominfo

Cara Registrasi Ulang Kartu via Online / Melalui Website

Yang kedua ini sebagai alternatif jika kamu yang selalu gagal registrasi ulang kartu SIM via SMS. Dari beberapa operator seluler tersebut telah mempermudah pelanggannya untuk cara daftar ulang kartu atau no telepon. Kamu bisa menuju situs resmi penyedia jasa telekomunikasi untuk kartu pascabayar tautan berikut ini:

1. Web Registrasi ulang Telkomsel, panduan lengkapnya disini
2. Web Registrasi ulang kartu XL Axiata
3. Web Registrasi ulang Kartu 3
4. Web Registrasi ulang Indosat IM3 belum tersedia, sementara hanya lewat SMS
5. Web Registrasi ulang Smartfren 

Q&A

Q: Bagaimana caranya registrasi jika umur masih dibawah 17 tahun atau belum memiliki KTP?
A: Kamu bisa menggunakan NIK yang berada di kartu keluarga. Sebenarnya tanpa KTP kita sudah punya Nomor Induk Kependudukan (NIK) sejak bayi yang dibarengi dengan akta kelahiran.

Q: Sudah registrasi kartu berulang kali tapi masih gagal terus apa yang harus dilakukan?
A: Pastikan kalau penulisan NIK & no KK sudah benar, silahkan menunggu sampai 1x24 untuk divalidasi dari database Dukcapil yang diteruskan ke server operator dari kartu kamu. Bisa dibayangkan berapa juta antrian sistem mereka.

Q: Jika masih belum berhasil registrasi akankah nomor hape terblokir?
A: Ya, kalau melebihi batas waktu tgl 28 Feb 2018. Semua layanan akan di blokir dari panggilan keluar dan masuk setelah 15 hari dari tgl tsb serta kuota data internet tidak dapat digunakan.

Q: Berapa jumlah kartu yang bisa diregistrasi dengan data KTP dan No KK yang sama?
A: Hanya 3 kartu saja tapi untuk satu operator, kamu tetap bisa memakai data tsb untuk operator seluler lainnya dengan maksimal tiga kartu setiap opsel.

Tips: Agar berhasil registrasi ulang kartu SIM sebaiknya tunggulah sampai benar-benar tidak banyak yang mendaftarkan kartu-kartu mereka. Toh, masih banyak waktu hingga Februari tahun depan. Tinggalkan pesan komentar, kamu bisa berdiskusi dengan pembaca lainnya dengan pengalaman masing-masing. Share mungkin teman-teman yang lain punya pengalaman beda dalam masalah cara registrasi ulang kartu telepon ini..!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel