Cara Kirim Lamaran Lewat Email via Google Drive HP Android

Cara kirim lamaran lewat email via Google Drive hp Android inilah yang akan kita bahas, tentunya seperti biasanya lengkap dengan contoh gambar. Bagi teman-teman yang berencana kirim surat lamaran kerja dan CV atau daftar riwayat hidup, scan ijazah, transkrip nilai serta sertifikat file dokumen lain maka tak perlu bingung. Karena dengan mudah menggunakan hp Android tanpa perlu pinjem laptop atau komputer pada sahabat kalian.

Yah tentunya dengan bantuan aplikasi Google Drive di Android, kamu sudah mampu menyimpan file dan dokumen penting untuk syarat melamar pekerjaan via email Gmail atau Yahoo. Sekarang zaman serba simpel ya guys, pakai aplikasi yang sudah tersedia di Play Store kamu bisa kirim lamaran dan menyiapkan dokumen lainnya hanya lewat handphone saja. Misalnya kamu ingin scan dokumen bisa kok memakai kamera hp, tentunya kamu harus mencari aplikasi scanner yang sudah banyak tersedia di Google Play Store.
cara menggunakan google drive di android
Agar lebih aman lagi sebaiknya kamu segera simpan file-file penting hasil scan tersebut dengan mengupload ke Google Drive. Soalnya kan aplikasi Drive tersebut merupakan media penyimpanan file secara online dengan bahasa kerennya Cloud Storage (penyimpanan awan) atau bahas gampangnya menyimpan file di internet. Tenang saja aplikasi Drive ini gratis kok dan enaknya lagi meski gratis kita juga bisa menyimpan data sampai batasan 15Gb mayan gede kan?

Artinya Google sudah menyediakan kapasitas penyimpanan online sebesar 15 GB gratis itu untuk satu akun Google atau satu akun Gmail. Bayangin kalau kita punya banyak akun Google, kamu bisa masuk ke tautan kalau ingin menambah akun Gmail. Ikuti selengkapnya di cara buat email baru

Cara Memasukkan File Lamaran Kerja ke Google Drive

Dari sini kamu akan saya ajak belajar cara menyimpan file di Google Drive dulu, setelah itu akan lanjut ke langkah-langkah mengirim file lamaran melalui email Gmail dari Google Drive. Dan seperti inilah cara menggunakan Google Drive di Android.

1. Pastikan kalau sudah punya aplikasi Drive di hp Android kamu. Jika masih belum punya segera instal dulu lewat Play Store ya.!
2. Kalau sudah silahkan membuka Google Drive yang sudah terinstal tadi. Untuk pertama kali biasanya akan keluar permintaan masuk akun Google yang mana jika ada akun Google banyak di hp. Kalau memang cuman ada satu akun Google langsung saja pakai yang itu.
3. Setelah itu kita akan membuat folder di Google Drive karena agar nantinya enak file-file bisa terkumpul dan teratur dalam satu folder. Dengan cara tekan tombol Plus lalu ikuti seperti contoh gambar berikut.
cara upload file di google drive android
4. Rename atau ganti nama folder yang jelas dan gampang misalnya "File lamaran kerjaku". Dengan begitu folder Google Drive sudah siap kita gunakan untuk menyimpan file.
cara menyimpan di google drive
5. Masukkan file apa saja yang akan digunakan untuk melamar pekerjaan. Misalnya hasil scan ijazah, scan KTP, scan foto, file PDF daftar riwayat hidup atau CV, dan tentunya file PDF surat lamaran kerja. Dengan mencari dimana letak file kamu, seperti contoh ini saya membuka galeri di hp dan mencari hasil scan surat lamaran kerja. Setelah ketemu buka filenya lalu klik Kirim > Simpan ke Drive.
cara mengupload file ke internet
6. Kemudian arahkan ke folder yang sudah kita buat sebelumnya dengan klik "Drive saya" > Pilih folder "File lamaran kerjaku" lalu tekan Simpan.
cara upload folder ke google drive
7. Selanjutnya, karena kita masih baru menggunakan Google Drive biasanya setelan upload file menggunakan jaringan Wifi saja.
tidak bisa upload folder ke google drive
Cara mengatasi: Agar bisa mengupload file ke Drive pake kuota silahkan lakukan pengaturan seperti contoh gambar berikut ini sob.
cara upload file lewat android
8. Setelah itu kamu akan melihat file yang di upload ke Drive kembali berjalan. Tunggu beberapa saat karena waktu tutnggu tergantung kecepatan internet yang kamu gunakan.
cara upload folder ke google drive android
9. Kita telah selesai menyimpan file di Google Drive, tinggal berlanjut ke langkah mengirim file menggunakan Google Drive.
cara menyimpan file di google drive

Cara Mengirim Lamaran Kerja via Google Drive Lewat HP

Setelah kamu selesai simpan file data dan dokumen surat lamaran kerja di Google Drive pastinya kamu ingin tau cara kirim lamaran lewat email Gmail dengan mengambil file di folder G Drive tadi. Ikuti saja langkah demi langkah berikut ini agar tidak bingung dengan membaca keterangan tulisan dan melihat gambar.

1. Silahkan buka aplikasi Drive tadi harusnya sobatku sudah tau caranya ya. Ikon aplikasi Google Drive bisa kamu lihat di menu utama hp segera tekan ikon aplikasinya.
2. Maka kalau kamu sudah mengikuti langkah cara memasukkan file dipanduan pertama di atas akan terlihat sebuah folder yang berisi file atau data-data lamaran kerja siap kirim.
3. Atau jika kamu langsung melanjutkan dari langkah di panduan pertama, maka kamu hanya perlu menekan tombol (3 titik) dari file di G. Drive.
cara berbagi file di google drive
4. Jika sudah maka kamu akan melihat tampilan menu untuk cara share link di Google Drive seperti berikut ini. Pilihlah yang "Bagikan tautan"
cara mengirim file lewat google drive android

5. Jika sudah mengethau cara membuat link di Google drive, maka kita harus mengirim file tersebut lewat email Gmail. Sebenarnya kita bisa membagikan file yang kita pilih ke berbagai aplikasi pengirim file misalnya Shareit, atau ke akun media sosial Facebook, Whatsapp dll.
cara membuka google drive di gmail
6. Karena memang tujuannya untuk kirim lamaran kerja saya akan mencontohkannya cara menulis email lamaran kerja.
Cara Kirim Lamaran Lewat Email via Google Drive HP Android

Keterangan dari gambar di atas:


  • 1. Kepada: Tulisakn email dari HRD yang sudah kamu dapatkan dari lowongan kerja di koran, internet, atau sumber lowongan.
  • 2. Subyek email: Ketikkan saja judul email berserta atas nama (a/n) kamu agar HRD secara cepat mengetahui email dari siapa.
  • 3. Isi email: Tuliskan secara singkat namun tetap terlihat profesional seperti contoh penulisan email lamaran kerja yang benar di atas. 
  • 4. Tombol send: Kalau semua data sudah lengkap, link berupa file-file surat lamaran kerjamu juga sudah masuk semua tekan tombol send (kirim).

Seperti itulah cara kirim lamaran kerja lewat email via Google Drive Android, kelebihnnya jika kamu menyimpan data di Google drive maka datamu tetap aman. Yang perlu dijaga adalah password email Gmail dan nama alamat emailnya.

Dan metode pemulihan akun-nya, misalnya kamu ganti nomor hp segera mengganti nomor hp di akun Google tersebut. Lengkapi juga email pemulihan yang bisa kamu masukkan melalui setelan akun Google di hp Android.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel