Cara SCAN Lamaran Kerja Lewat HP Android Dengan & Tanpa Aplikasi

Gampang kok cara scan lamaran kerja lewat hp Android dengan menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Kalau tanpa instal aplikasi scan tentunya kamu harus memakai hp Xiaomi karena di Xiaomi sudah tersedia aplikasi bawaan yang bisa di sebut aplikasi "Pindahi". Tapi tenang saja kalau kamu bukan pengguna hape Xiaomi, jika pake hp Samsung, Andromax, Lenovo, Oppo atau merek Android yang lainnya disini saya akan tetep memberikan panduan cara scan dokumen lamaran lewat hp.

Pada waktu dulu kalau kita ingin scan surat lamaran kerja, scan ijazah, KTP, SKCK, sertifikat dan daftar riwayat hidup / CV untuk keperluan melamar pekerjaan via internet kita harus pergi ke tukang scanner di warnet. Sekarang tinggalin cara jadul tersebut ya guys, kamu tak perlu ribet harus pergi kesana-kemari hanya menscan lamaran untuk keperluan mengirim lewat email di hp, jadi gak efisien kan waktu kamu.

Cukup download dan instal aplikasi scanner di Google Play Store kamu bisa manfaatin hape Android kamu untuk proses scan dokumen lamaran kerja dan file lainnya. Cara kerja dari aplikasi ini adalah mengubah kamera hp menjadi scanner artinya kamu cukup memotret obyek gambar maka secara cepat akan dipindahi ke bentuk seperti hasil mesin scan, gimana keren kan? Kamu gak perlu mikir cara merubah dokumen ke file PDF, DOC, JPG cukup aplikasinya aja yang bekerja. :)

Seperti judul diatas untuk panduan kali ini akan saya bagi menjadi 2 cara scan dokumen melalui hp Android. Panduan yang pertama dibisa digunakan untuk semua merek hp Android karena kita akan memakai aplikasi yang sudah tersedia di Play Store. Terus yang kedua yang khusus bagi pengguna Xiaomi kita akan menggunakan aplikasi scan bawaan Xiaomi dengan MIUI ROM versi 8 keatas.

Cara SCAN Lamaran Lewat HP Android Dengan Aplikasi


Mari merepat yah sekarang akan kita coba scan dokumen lamaran kerja dengan aplikasi CamScanner yang bisa kamu unduh gratis lewat Google Play. Dan yang download aplikasi ini banyak banget sudah mencapai 50 juta sampai 100 juta unduhan sejak artikel ini saya tulis. Terbukti kalau aplikasi berikut ini adalah aplikasi scanner Android terbaik.

1. Langkah pertama kamu perlu memasang aplikasi CamScanner yang bisa kamu cari di Play Store. Kalau sudah ketemu silahkan langsung instal app scan ini, santai tidak terlalu besar kok. Tunggu proses unduhan sampai benar-benar selesai baru kamu buka aplikasi camscanner ini.
cara scan dokumen
2. Jika dibuka pertama kali maka akan terlihat tampilan di layar hp seperti contoh gambar berikut ini. Gak usah daftar akun juga gak masalah kok. Langsung tekan Use now
cara scan ijazah
3. Siapkan dulu dokumen yang akan di scan dari contoh ini saya akan scan surat lamaran kerja. Letakkan surat tersebut di atas meja, lantai atau apapun dengan kondisi bidang datar agar hasil scan bagus. Lalu tekan ikon Kamera!
cara scan ijazah lewat hp
4. Kalau sudah siap untuk cara menggunakan CamScanner ini kamu cukup arahkan kamera ke lembar kertas yang akan di scan. Goyangkan hp secara perlahan untuk memposisikan kamera hp dengan area scan agar pas sesuai harapan. Jika sudah pas langsung tekan tombol Kamera (2)
cara menggunakan aplikasi scan lamaran kerja
6. Kemudian pilih ikon rotasi untuk memutar gambar jika dokumen yang kamu scan berbentuk potrait. Kalau sudah sesuai silahkan langsung di potong dengan tekan centang.
aplikasi scan lamaran kerja

7. Untuk kualitas gambar scan pilih Auto saja, Lalu silahkan diberi nama hasil scan dengan melihat keterangan di contoh gambar berikut ini. Kalau sudah semua tekan ikon centang.
cara scan lamaran lewat hp
8. Hasilnya bisa kamu lihat secara langsung di folder aplikasi camscanner dengan cara menekan dokumen yang terlihat.
cara scan dokumen ke pdf
9. Ini contoh hasil akhirnya, gimana bagus kan kualitas gambar juga tajam dan hasil scan langsung pdf serta jpg. Lalu kita bisa mengirim via email dengan memilih file PDF atau JPG.
cara scan langsung pdf

Cara SCAN Dokumen Lamaran Kerja Lewat HP Xiaomi Tanpa Aplikasi


Bagi pengguna hape Xiaomi agar aplikasi Pindahi ini terpakai yuk ikuti caranya scan lamaran lewat hp Xiaomi. Selain scan lamaran bagi teman-teman yang masih pelajar, mahasiswa atau pekerja kantoran aplikasi scanner Xiaomi ini juga bisa dipakai untuk scan papan tulis. Jadi enak kan tanpa repot-repot menulis lalu hasil scan bisa langsung di kirim ke teman atau rekan kerjamu.

1. Pertama siapkan dokumennya dulu lalu taruhlah di atas meja atau dibidang datar agar dokumen tidak melengkung.
2. Langkah kedua kamu harus pergi ke menu alat di hp xiaomi lalu carilah aplikasi "Pindahi" kalau dalam setelan bahasa Indonesia. Kalau sudah ketemu tekan ikon aplikasinya.
mengubah kamera hp menjadi scanner
3. Kalau aplikasi scanner xiaomi sudah aktif silahkan memilih yang menu "Dokumen" karena kita akan scan berupa dokumen bukan barcode. Jangan lupa matikan flash kamera juga ya!
cara scan file lewat hp
4. Terus arahkan kamera hp tepat di area dokumen, agar pas gerakkan kamera sedikit ke kanan dan kiri tapi meski agar miring nanti hasil scan bagus kok. Kalau sudah fokus tekan tombol lingkaran untuk menscan.
cara scan dokumen dengan hp android
5. Maka hasilnya nanti akan seperti gambar berikut ini. Tekan tanda cek untuk memotong gambar.
scan ktp menggunakan hp
6. Hasil akhir bisa kamu lihat di galeri hp Xiaomi kamu lalu cari di folder (berkas) scanner.
cara scan lamaran dengan handphone
Bagaimana nih dari kedua cara scan dokumen lewat hp di atas semoga saja sangat membantu aktifitas untuk cara scan ijazah, dokumen atau berkas lamaran kerja, papan tulis, struk pembelian, atau tugas bagi pelajar. Tapi hasil scan bagus atau tidaknya semua tergantung dari kualitas kamera di handphone kamu loh. Kalau besaran pixel kamera kamu gede pasti hasilnya jelas banget.

Kamu juga bisa memasukkan file-file penting hasil scan ke dalam aplikasi Google Drive, nanti kalau kita butuh baru kita ambil dengan cara sharelink ke teman via email atau akun sosial media.

Jika ingin menulis dan edit dokumen lamaran di hp atau laptop. Mungkin kamu perlu tau cara membuat PDF di WPS office

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel