Cara Buat CV & Mengirim Lamaran lewat Email Gmail di Hp Android

Masih belum tau yah bagaimana cara mengirim lamaran kerja lewat email Gmail di hp Android? Meskipun sudah lama pegang Android banyak yang masih bingung menggunakan aplikasi Gmail untuk kirim CV (curriculum vitae).

Saya akan membagikan panduan untuk cara mengirim email lewat hp dengan contoh pembuatan surat lamaran kerja hanya dari hp Android saja yang memanfaatkan Google Dokumen sebagai sarana menulis surat untuk melamar pekerjaan.

Sebagai orang yang belum bekerja rasanya harus pandai - pandai berhemat apalagi bagi lulusan baru. Maka dengan contoh lamaran kerja via email ini, Anda tidak perlu memasukkan surat lamaran pekerjaan ke pabriknya langsung bahkan tanpa mengirim lamaran lewat pos.

Kita manfaatin perangkat Android saja dan sedikit kuota internet atau sebuah jaringan free-wifi di warkop terdekat :) gimana hemat banget kan? tanpa keluar uang bensin, biaya makan diluar, membeli kertas hvs untuk menulis surat lamaran kerja, ongkos foto copy dll.

Lakukan panduan berikut ini mulai dari cara menulis surat lamaran kerja dari hp atau langsung ke langkah kedua untuk mengirim lampiran lamaran lewat Gmail bila semua dokumen untuk melamar sudah siap.

Jika file Anda sudah lengkap mulai dari pas foto, scan KTP, hasil scan izajah, transkrip nilai, sertifikat, file PDF, file doc dan lain sebagainnya, langsung saja menuju panduan kedua untuk mengirim via email di hp Anda. Atau jika kamu belum bisa cara scan dokumen lamaran lewat hp silahkan pelajari ditautan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja lewat Hp

Dengan aplikasi resmi dari Google yang bernama "Google Dokumen" yang tersedia di Play Store saya akan beri contoh untuk membuat surat lamaran pekerjaan dengan benar. Ikuti caranya dan lihat contoh dulu berikut ini namun saya pastikan Anda sudah buat akun Gmail di Android:
  1. Download aplikasi Dokumen di Google Play Store pada tautan tersebut.
  2. Pasang seperti cara instal aplikasi-aplikasi Android biasanya, setelah selesai buka aplikasi Dokumen tersebut.
  3. Masuk dengan Akun Gmail di Android Anda untuk mengakses Google Dokumen ini.
  4. Sentuh "tanda Plus" untuk mulai menulis surat lamaran kerja.
  5. Ketikkan format menulis lamaran kerja secara formal, lihat gambar sebagai contoh! atau download saja di bawah lalu edit dengan aplikasi Dokumen.
  6. Setelah semua selesai sampai akhir coba ganti nama dokumen menjadi "Surat lamaran pekerjaan" karena ini nanti digunakan pada saat Anda membutuhkan lagi.
  7. Kemudian setelah selesai menulis lamaran kerja-nya mari kita rubah dulu ke format pdf dengan cara: masuk tombol menu seperti gambar no.6 paling kiri > pilih "Bagikan & ekspor" > "Simpan sebagai" > "Dokumen PDF (.pdf)" > terakhir sentuh "oke"
  8. Maka hasil merubah file dari dokumen ke PDF (convert) di hp akan seperti dibawah ini.
  9. Selanjutnya download Google Drive di Android Anda jika memang belum ada tapi biasanya ini adalah aplikasi bawaan Android. Ini digunakan untuk mencari lamaran yang sudah dirubah ke format PDF dengan cara di atas dan tersimpan di G Drive. Lihat jika kurang jelas tentang upload file ke Google Drive.
  10. Buka aplikasi Google Drive lalu cari nama file dikolom pencarian dan temukan "Surat lamaran kerja.pdf" > sentuh tombol "menu" > pilih "Unduh" dengan begitu file akan tersimpan ke folder Download di Android Anda.
Download file surat lamaran kerja terlebih dahulu nanti dapat Anda edit menggunakan Google Dokumen di hp pilih dari kedua surat lamaran kerja doc berikut:

Download file dokumen CV dan lamaran kerja S1 link
Download CV dan surat lamaran kerja SMK link

Cara Mengirim Lamaran lewat Gmail di Hp Android

Untuk kirim file lamaran kerja via email di hp Android, pastikan semua data sudah terkumpul di perangkat handphone Anda atau boleh juga menggunakan cara di atas untuk lampiran email-nya (dari Google Drive). Kemudian lanjut ke langkah - langkah mengirim email lewat hp saja:
  1. Bukalah aplikasi Gmail di Android Anda.
  2. Kemudian setelah melihat tampilan email Gmail sentuh "tanda pensil"
    cara menulis email lamaran kerja
  3. Setelah itu ketik email tujuan dikolom "Kepada" (1) karena biasanya dikolom "Dari" sudah terisi secara otomatis alamat email Gmail kita di Android. Tulis juga "subyek / judul email" (2) > Tulis isi email secara singkat saja namun sopan dan terlihat profesional.
    buat cv lewat email 
  4. Selanjutnya masukkan lampiran surat lamaran.pdf tadi dengan sentuh "Lampiran file"
    cara memasukkan lamaran kerja via email
  5. Sekarang kita tinggal mencari file apa saja yang sudah kita masukkan ke hp. Khusus untuk surat lamaran pekerjaan pdf ini saya ambil lewat Google Drive.
    cara mengambil file lamaran di google drive
  6. Setelah lampiran email sudah masuk semua seperti daftar riwayat hidup pdf, scan KTP, scan foto, scan izajah dan lainnya lalu sentuh "tombol kirim"
    contoh cara mengirim lamaran lewat email
Melalui panduan ini kita sudah bisa belajar memakai aplikasi membuat cv di Android dengan menggunakan Google Dokumen serta cara mengirim lamaran lewat email di hp yang sudah saya jelaskan dengan detail gambar penuntun. Jika sudah bisa silahkan baca tips mencari pekerjaan lewat internet dan lihat juga situs lowongan kerja terpercaya di Indonesia.

Dan ingat agar email tidak diabaikan oleh HRD personalia, jangan sekali-kali mengosongkan isi email. Sekian terima kasih sudah berkunjung dan semoga di terima kerja!

40 Komentar untuk "Cara Buat CV & Mengirim Lamaran lewat Email Gmail di Hp Android"

  1. Thank u sangat bermanfaat ^^

    BalasHapus
  2. sangat membatu :)
    trimakasih ;)

    BalasHapus
  3. Anonim4/09/2018

    Masukin data" Seperti SKCK, IJASAH, DLL ny dmna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya mirip dengan diatas tapi saya menyimpan file di Google Drive. Atau bisa juga pindahkan semua file tersebut ke galeri hp dulu, baru menekan ikon Pin (Lampirkan File) di Gmail setelah itu arahkan dimana file disimpan yang berupa PDF SKCK, PDF Ijasah, PDF Sertifikat dll.

      Hapus
  4. Untuk lampiran berkas yg lainnya gak bisa ya cuma lewat hape..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja asalkan semua file dokumen lamaran kerja dipersiapkan atau dipindah ke hp dulu.

      Hapus
  5. Arigatou..sngt brmnfaat

    BalasHapus
  6. Terimakasih.๐Ÿ˜Š sangat membantu๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat, saya terbantu. Terimakasih ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  8. Kalo pakek Microsoft word bisa gak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja, tapi di convert ke file PDF dulu.

      Hapus
  9. Cara naro fotocopyan nya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pindah ke galeri hp dulu, baru dilampirkan ke email

      Hapus
  10. kalau kayak ijasah itu perlu di scan atau di foto aja bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di scan juga boleh, asalkan jangan ijazah asli. Lebih baik di fotocopy dulu lalu di scan, pakai aplikasi scan Android juga bagus kok.

      Hapus
  11. Semisal mau ngirim fotocopyan kartu pelajar, itu difoto dulu baru di attach?
    Mohon dijawab, trimakasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener, jadi yang fotocopy-an di foto dulu. Nah hasil fotoan kan masuk ke galeri hp tuh. Setelah itu dimasukkan ke attach (lampiran email). Semoga terbantu

      Hapus
  12. Terima kasih infonya๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  13. Maaf itu untuk skck ijazah dll cara memasukannya di fto diketik dlu apa gmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di foto pakai aplikasi scanner jadi nanti bisa berubah ke format PDF, baca dibagian atas artikel ini karena sudah saya sertakan bagaimana cara scan dokumen lewat hp.

      Hapus
  14. thanks sangat betmanfaat

    BalasHapus
  15. Terima kasih sangat membantu

    BalasHapus
  16. Untuk scan attachment harus hitam putih seperti fc atau boleh berwarna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih aman pakai yang hitam putih (foto copy) aja, kalau pakai yang berwarna (asli) takutnya disalah gunakan. Nanti kalau sudah dipanggil HRD untuk tes interview baru data-data asli dibawa.

      Hapus
  17. terimakasih kakak amat sangat membantu semoga ilmu nya bermanfaat dunia akhirat :-)

    BalasHapus
  18. Sangat jelas dan bermanfaat serta membantu bgt terimakasih

    BalasHapus
  19. Terimakasih infonya sangat membantu banget

    BalasHapus
  20. Terima kasih sangat detail pemberitahuan nya

    BalasHapus
  21. Sangat membantu sekali terima kasih

    BalasHapus
  22. Terimakasih sngt membantu

    BalasHapus
  23. Terimakasih telah membantu :)

    BalasHapus
  24. Isi email (yg tidak boleh di kosongkan) contohnya apa ya yg bagus min ??

    sory anak baru android nih ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isi email atau body email yang baik, sopan dan profesional bisa mengikuti contohnya disini

      Hapus
  25. Beguna bgt kak, makasih infonya kak.

    BalasHapus
  26. Kalo buat tanda tangan nya gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda tangan saya rasa tidak perlu, atau bisa membuat cv pada selembar kertas di print terus diberi tanda tangan lalu dijadikan PDF.

      Hapus
  27. gimana cara memasukkan data2 seperti ijazah ??
    sedangkan kita tidak punya file nya di HP dan kalu pun ijazah nya di fotoin..apa gambarnya nanti tetap bagus ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memasukkan data dengan cara memngumpulkan hasil scan di memori hp. Tetap bagus kok bisa kalau pakai aplikasi scanner di Android, bisa ikuti caranya di artikel!

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel